Sikap yang Harus Kamu Tunjukkan Saat Bermasalah Dengan Pasangan

Sikap yang Harus Kamu Tunjukkan Saat Bermasalah Dengan Pasangan

Sikap yang Harus Kamu Tunjukkan Saat Bermasalah Dengan Pasangan – Perdebatan dan pertengkaran dalam hubungan adalah hal biasa. Namun, ketika terjadi masalah yang sama berulang-ulang dan berlarut, artinya kamu perlu mencari solusi yang tepat. Penyebab umum pasangan bertengkar tidak hanya karena masalah kesetiaan atau pengasuhan anak (ketika sudah menikah).

Menurut pakar hubungan dan konselor pernikahan dari New York, Rachel Sussman, ada beberapa hal sepele yang juga bisa memicu pertengkaran, seperti tugas rumah tangga atau media sosial. Ia menambahkan, pertengkaran seringkali bukan hanya karena topik itu sendiri, melainkan dari kurangnya komunikasi antar-pasangan.

Problema dalam hubungan, ibarat garam pada masakan. Kalau gak ada, jadinya hambar. Dari masalah itulah, ikatan cintamu bisa semakin kuat dari hari ke hari. Karena sudah tahan uji. Supaya konflik dalam jalinan cintamu berpengaruh positif, perlu kedewasaan dalam Poker77 Indonesia menyikapinya. Dan jika kelima sikap ini sudah kamu praktikkan saat sedang terjadi masalah dengan pasangan, bisa membuktikan kalau kamu sudah dewasa, lho.

1. Mampu menjaga kesabaran meski sikap pasangan menyebalkan
Kamu Dewasa jika Mampu Bersikap Begini saat Bermasalah dengan Pasangan

Masalah gak akan selesai, justru akan semakin besar, jika kamu dan pasangan sama-sama panas. Dia menyebalkan, eh, kamunya juga ikutan.

Tapi hal itu gak kamu lakukan. Kamu sadar, supaya konflik yang terjadi bisa selesai, maka saat pasangan jadi api, kamu jadi airnya. Meski dia menyebalkan, dan jujur, bikin kamu kesal, tapi kamu mampu menjaga kesabaran. Toh, sikapnya yang menyebalkan itu masih bisa ditoleransi, alias tidak melewati batas.

2. Kamu mampu menekan gengsi
Kamu Dewasa jika Mampu Bersikap Begini saat Bermasalah dengan Pasangan

Sering kali yang bikin masalah jadi besar, bukan disebabkan masalah itu sendiri. Melainkan gengsi yang masih menghiasi pribadi masing-masing.

Demi menjaga hubungan ini tetap berjalan, dan pembuktian keseriusan komitmenmu, kamu mampu meredam gengsi untuk tetap menjalin kontak dengannya, walau sikapnya masih belum hangat. Namun, karena sikapmu inilah, yang menyebabkan sekalipun kalian sedang bermasalah, gak sampai lama-lama. Dia jadi cepat luluh hatinya.

3. Kamu mampu mengesampingkan ego untuk mendengarkannya dengan hati
Kamu Dewasa jika Mampu Bersikap Begini saat Bermasalah dengan Pasangan

Pernah dengar debat kusir? Riuh sekali, bukan? Hal itu disebabkan semua pihak ingin jadi pembicara, dan enggan untuk jadi pendengar.

Salah satu bukti kedewasaan sikap, adalah kemampuanmu dalam mengesampingkan ego untuk bicara, demi mendengarkan segala unek-unek yang dia rasakan. Karena mendengarkannya pakai telinga dan hati, dia pun jadi sadar diri untuk memberimu kesempatan bicara. Sehingga, kalian jadi bisa melihat masalah dari sudut pandang masing-masing.

4. Bersedia berbesar hati untuk memberinya waktu menenangkan diri
Kamu Dewasa jika Mampu Bersikap Begini saat Bermasalah dengan Pasangan

Idealnya, masalah itu segera diselesaikan. Sehingga gak sampai berlarut-larut dan berpotensi jadi lebih besar. Namun, tiap orang gak bisa disamaratakan.

Ada sebagian orang yang butuh waktu untuk bisa berpikir jernih. Di sinilah perlunya kedewasaanmu sebagai pasangan untuk mampu memahami karakternya. Dan itulah yang sudah kamu lakukan. Kamu gak memaksa harus saat ini juga dibicarakan. Justru ketika kalian sudah sama-sama tenang, solusi yang tepat akan lebih mudah dicapai.

5. Gak mudah mengucapkan kata pisah
Kamu Dewasa jika Mampu Bersikap Begini saat Bermasalah dengan Pasangan

Dewasa tidaknya seseorang bisa terlihat dari bagaimana caranya memperjuangkan hubungan. Apabila tiap ada masalah, selalu bilang putus, tanda kalau dia sebenarnya belum bisa bersikap dewasa.

Kesadaran bahwa tiap hubungan itu pasti bakal mengalami hambatan, membuatmu gak gampang mengucapkan kata pisah. Kalau tiap ada masalah selalu pisah di jadikan solusi, maka gak ada satu pun hubungan yang kamu jalani, bakal langgeng.

Jadi, ketika kamu sering bertengkar dengan pasangan tentang masalah yang sama dari waktu ke waktu, mungkin inilah saatnya untuk berkonsultasi dengan konselor hubungan. Percekcokan yang berlarut akan merusak hubungan. Istilahnya, “luka dalam hubungan akan berujung kematian karena goresan ujung kertas ribuan kali”.

Ketika datang ke konselor hubungan, kamu dan pasangan bukan berarti datang untuk memecahkan masalah. Namun, kalian datang untuk mempelajari seperangkat skill yang di butuhkan untuk mengatasi konflik dalam hubungan yang akan terjadi dalam kehidupan.