Inilah Tips yang Berguna Untuk Meningkatkan Kualitas Hubungan

Inilah Tips yang Berguna Untuk Meningkatkan Kualitas Hubungan

Inilah Tips yang Berguna Untuk Meningkatkan Kualitas Hubungan – Hubungan (relationship) adalah kesinambungan interaksi antara dua orang atau lebih yang memudahkan proses pengenalan satu akan yang lain. Hubungan terjadi dalam setiap proses kehidupan  manusia.  Hubungan dapat dibedakan menjadi hubungan dengan teman sebaya, orang tua, keluarga, dan lingkungan sosial.

Secara garis besar, hubungan terbagi menjadi hubungan positif dan  negatif. Hubungan positif terjadi apabila kedua pihak yang berinteraksi merasa saling diuntungkan satu sama lain dan ditandai dengan adanya timbal balik yang serasi. Sedangkan, hubungan yang negatif terjadi apabila suatu pihak merasa sangat diuntungkan dan pihak yang lain merasa dirugikan.

Setiap orang pasti ingin menciptakan hubungan yang sehat dan kokoh dengan download idn poker apk android orang-orang yang disayang; entah dengan orangtua, keluarga, sahabat, atau pasangan. Namun terkadang, kita malah dibuai oleh keegoisan sendiri sehingga lupa cara untuk menghargai hubungan dengan orang lain. Terkadang pula, kita hanya tak tahu cara yang benar untuk memelihara hubungan yang kuat dengan orang lain—khususnya dengan pasangan.

1. Terlebih dulu berdamailah dengan diri sendiri
5 Langkah untuk Tingkatkan Kualitas Kedekatanmu dengan Pasangan

Orang-orang yang belum dapat menerima masa lalu mereka, atau memiliki insecurity dan self-esteem yang rendah akan cenderung sulit untuk memelihara hubungan yang kuat dengan orang lain.

Berdamai dengan diri sendiri berarti kamu menerima segala hal yang terjadi pada masa lalumu, termasuk pengalaman pahit dan buruk. Mulailah dengan hal yang sederhana, seperti meluangkan waktu untuk refleksi diri setiap hari serta mencoba memaafkan orang-prang yang dulu pernah menyakitimu. Dengan demikian, kamu tidak akan lagi merasa rendah diri saat hendak memulai hubungan dengan orang lain.

2. Temukan cara untuk mengekspresikan cinta dan apresiasimu padanya
5 Langkah untuk Tingkatkan Kualitas Kedekatanmu dengan Pasangan

Komitmen dan apresiasi merupakan dua hal penting yang mendasari sebuah kualitas dalam hubungan. Hal-hal lain seperti, kepercayaan, dukungan, dan afeksi juga menjadi penyokong walau tidak sebesar dua hal pertama.

Karena itu, tak perlu malu untuk mengekspresikan komitmen dan apresiasimu pada pasangan. Sesekali, pujilah dia dengan tulus, atau ucapkan kata ‘I love you’ setiap hari. Walau terdengar klise dan sederhana, hal-hal kecil semacam ini berguna meningkatkan kualitas hubunganmu. Lagipula, siapa, sih, yang tidak suka dipuji oleh pasangannya?

3. Saling menghormati perbedaan
5 Langkah untuk Tingkatkan Kualitas Kedekatanmu dengan Pasangan

Kamu dan pasanganmu pasti memiliki perbedaan, entah dalam pendapat, hobi, sikap, pemikiran, dan lain-lain. Untuk itu, jangan menjadi egois dengan selalu berpendapat bahwa pendapatmu yang paling benar. Belajarlah untuk menghargai dan menghormati pasanganmu. Tidak ada orang yang sempurna, tapi ketika dua orang berbeda saling menghargai, mereka dapat membangun dasar hubungan yang kuat.

4. Mau saling terbuka dan mendengar
5 Langkah untuk Tingkatkan Kualitas Kedekatanmu dengan Pasangan

Komunikasi dan keterbukaan adalah kunci untuk mempererat hubungan. Untuk apa berstatus kekasih kalau kamu dan dia tidak pernah saling berbagi cerita bersama? Untuk apa menjalani hubungan bila kalian masih menyimpan rahasia?

Dengan menjalin hubungan, baik kamu dan dia, saling mengenal satu sama lain agar lebih dekat. Belajarlah untuk mendengar keluh kesahnya ketika ia memiliki masalah, pun cobalah untuk terbuka ketika kamu memiliki pergumulan. Walau tidak menutup kemungkinan untuk kalian mengalami perbedaan pendapat, namun ini dapat membuat hubungan kalian bertumbuh secara sehat.

5. Tidak menghindar dalam konflik atau perdebatan
5 Langkah untuk Tingkatkan Kualitas Kedekatanmu dengan Pasangan

Memang tidak ada yang suka bila harus bertengkar dengan orang yang kita sayang. Namun, tahukah kamu, bahwa konflik pun menjadi salah satu pupuk untuk menumbuhkan hubunganmu dengan dia? Karena itu, janganlah keras hati dan menjadi bebal. Tidak apa-apa untuk berdebat sebentar, nantinya kalian pasti bisa menemukan jalan keluar yang tepat untuk masalah itu.

Dalam hal ini, tidak ada keselarasan timbal balik antara pihak yang berinteraksi.Lebih lanjut, hubungan dapat menentukan tingkat kedekatan dan kenyamanan antara pihak yang berinteraksi. Semakin dekat pihak-pihak tersebut, hubungan tersebut akan dibawa kepada tingkatan yang lebih tinggi.