Inilah Tips Menentukan Batasan Sehat dalam Berteman

Inilah Tips Menentukan Batasan Sehat dalam Berteman

Inilah Tips Menentukan Batasan Sehat dalam Berteman – Persahabatan atau  pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Artikel ini memusatkan perhatian pada pemahaman yang khas dalam hubungan antar pribadi.

Dalam pengertian ini, istilah “persahabatan” menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan,penghargaan, afeksi dan perasaan . Hubungan yang sehat—entah dalam percintaan atau antar teman—selalu menghormati pasangannya satu sama lain dan menghargai batasan yang mereka tetapkan. Banyak orang kesulitan menetapkan batasan yang sehat dalam hubungan.

Ini di sebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya Poker77 Indonesia pengalaman buruk masa lalu yang mengakibatkan perasaan sulit percaya, inkonsistensi, rendahnya self-esteem, dan ketakutan berlebih bahwa hubungan itu akan berakhir. Padahal, menetapkan batasan dalam hubungan penting dalam membangun relasi yang sehat dengan orang lain.

1. Kenali diri sendiri lebih dalam
5 Tips Menetapkan Batasan Sehat dalam Hubungan Pertemanan

Langkah awal, kamu harus mengenal dirimu sendiri dulu. Ketahui apa yang penting bagimu, apa yang berharga dalam hidupmu dan tak ingin itu di rusak orang. Meluangkan waktu untuk mengenal diri sendiri dapat memberimu rasa nyaman dan familiar dengan pribadimu—termasuk kepercayaan, emosi, dan perasaanmu.

Ini akan sangat membantu apabila kamu ingin menetapkan batasan dengan orang lain. Kamu tahu ketika ucapan atau perbuatan mereka melukai hatimu, maka kamu dapat menyuruh mereka untuk berhenti. Bila kamu tidak mengenal diri sendiri, maka hal ini sulit di lakukan sebab kamu selalu meragukan perasaanmu.

2. Miliki rasa tanggung jawab pada diri sendiri
5 Tips Menetapkan Batasan Sehat dalam Hubungan Pertemanan

Ingatlah bahwa hanya kamu satu-satunya orang yang dapat menjaga dirimu. Karena itu, jangan biarkan orang lain bertindak semena-mena terhadapmu. Kendati sahabat baik pun, harus ada batas yang baik agar hubungan kalian dapat bertumbuh sehat.

Dengan memberi batasan, secara tak langsung kamu memberi tahu temanmu bagaimana kamu ingin di perlakukan. Ini dapat menjadi sebuah aksi nyata bahwa kamu bertanggung jawab atas kesehatan, kenyamanan, dan kebahagiaan dirimu.

3. Ketahui saat orang lain mulai melewati batas
5 Tips Menetapkan Batasan Sehat dalam Hubungan Pertemanan

Tidak sulit ketika mengetahui seseorang sudah bertingkah di luar batas. Biasanya ini akan berdampak buruk padamu, entah melibatkan kekerasan verbal, non verbal, atau mengacak-acak kondisi mentalmu dengan kalimatnya. Ketika kamu mengenal hatimu tidak merasa nyaman dengan perilaku orang itu, pilih untuk menjauh.

Semakin lama kamu mencoba untuk bertahan dengan perilakunya, semakin buruk pula dampak yang akan kamu rasakan. Bukan tugasmu untuk mendapat cinta, atensi, atau validasi dari mereka. Ini hanya akan membuang-buang waktu dan tenaga.

4. Ingatlah bahwa kamu punya hak untuk memilih
5 Tips Menetapkan Batasan Sehat dalam Hubungan Pertemanan

Setiap orang berhak mengambil keputusan dalam hidupnya. Apabila seseorang memperlakukanmu dengan salah, menolakmu, selalu menghinamu, maka kamu punya pilihan untuk meninggalkan mereka.

Tidak usah merasa sungkan atau enggan hanya karena mereka pernah sesekali berbuat baik padamu. Terkadang, orang-orang toksik sering memanipulasi pikiran partner dan temannya. Berbuat baik dan manis walau itu hanya kepura-puraan semata.

5. Tak perlu takut untuk ‘kehilangan’
5 Tips Menetapkan Batasan Sehat dalam Hubungan Pertemanan

Memang agaknya terasa sulit membayangkan bahwa kamu harus melepas seorang teman. Tetapi coba ingat-ingat, apa kamu merasa nyaman saat bersamanya? Apa kamu merasa bahagia saat menghabiskan waktu dengannya? Apa ia mencoba mengerti perasaanmu sama seperti yang kau lakukan terhadapnya?

Bila tidak, maka berarti ia bukan teman yang tepat. Tidak apa-apa untuk berkata ‘selamat tinggal’ dan menjalani hari-harimu dengan tenang. Terkadang, untuk mendapat kebahagiaan, kita harus melepas sesuatu yang toksik dari hidup kita.

ahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan sering kali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka.