Inilah Caranya Move On dari Hubungan yang Bikin Kamu Trauma

Inilah Caranya Move On dari Hubungan yang Bikin Kamu Trauma

Inilah Caranya Move On dari Hubungan yang Bikin Kamu TraumaMove on merupakan kata yang cukup populer di kalangan anak muda zaman sekarang. Move on kerap di kaitkan dengan proses penyembuhan diri pasca putus cinta. Maka dari itu, banyak orang menilai bahwa move on diartikan sebagai pergi menjauh dari sang mantan dengan serangkaian kenangannya. Tapi, sebenarnya apa sih arti move on itu?

Banyak orang mengaku gagal move on dengan terus-menerus teringat mantan dan semua kenangannya semasa masih menjalin hubungan. Sebenarnya, salah satu penyebab gagalnya move on bisa jadi karena kamu salah mengartikan konsep move on itu sendiri. Meski impian semua orang dalam menjalin hubungan itu sama, yaitu ingin bahagia bersama pasangannya.

Namun tak dapat di pungkiri kalau tak semua hubungan bisa seperti itu, sebagian justru toxic dan meninggalkan trauma dalam diri seseorang. Dan jika kamu adalah salah satu di antaranya yang mengalami itu, mungkin fase setelah lepas dari Poker77 Indonesia hubungan sangatlah berat karena di bayangi oleh trauma hubungan masa lalu.

1. Ikhlaskan apa yang sudah terjadi dengan perlahan
5 Caranya Move On dari Hubungan di Masa Lalu yang Bikin Kamu Trauma

Bagi sebagian orang mungkin move on bukanlah perkara sulit, tapi percayalah bahwa tak semua orang beranggapan demikian. Dan salah satu caranya yang bisa kamu lakukan untuk bangkit dari masa lalu buruk itu ialah dengan mengikhlaskan apa yang sudah terjadi perlahan-lahan.

Kamu gak perlu memaksakan diri untuk langsung melupakan semuanya, namun ikhlaskanlah hubunganmu di masa lalu itu, agar kamu tidak terikat dengab trauma yang berasal dari sana.

2. Sembuhkan hatimu dengan menemukan bahagiamu sendiri
5 Caranya Move On dari Hubungan di Masa Lalu yang Bikin Kamu Trauma

Caranya yang kedua ini terkenal cukup efektif, yaitu menyembuhkan hatimu dengan menemukan bahagiamu sendiri. Meski kamu memiliki trauma mendalam dari hubungan di masa lalu, namun percayalah bahwa kamu layak untuk bahagia.

Dan jika ada yang bisa membuatmu bahagia, entah itu hobi, gaya hidup baru, atau bahkan karier dan pekerjaanmu. Maka bahagiakanlah dirimu sendiri dengan bebas. Dengan begitu tanpa sadar pun kamu bakalan move on.

3. Gak mengungkit masalah di hubungan yang ‘lalu’ dimanapun itu
5 Caranya Move On dari Hubungan di Masa Lalu yang Bikin Kamu Trauma

Gak perlu membahasnya ketika kumpul bareng teman, tidak perlu memostingnya di media sosial, atau hal-hal lainnya yang membuka kembali ingatanmu perihal itu. Kenapa sebaiknya gak di ungkit? Karena kalau di bahas terus menerus yang ada malah kamu gak bakal pernah bisa lupa, dan luka hati serta trauma yang kamu miliki gak bakal hilang.

4. Jalin hubungan dengan benar-benar sehat kalau kamu membuka hati lagi
5 Caranya Move On dari Hubungan di Masa Lalu yang Bikin Kamu Trauma

Gagal dalam berhubungan di masa lalu bukan berarti membuatmu jadi tidak layak untuk menjalin hubungan lagi di masa depan. Dan jika memang traumamu sudah hilang, maka bukalah hati kembali dan jalin hubungan yang benar-benar sehat dengan pasanganmu. Kamu mungkin pernah gagal, tapi selalu ada kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik. Dan itulah tandanya kalau kamu sudah berhasil move on.

5. Cintai dan pahami value dirimu sendiri
5 Caranya Move On dari Hubungan di Masa Lalu yang Bikin Kamu Trauma

Karena usahamu untuk move on gak bakal pernah berhasil kalau kamu sendiri gak tahu bagaimana cara mencintai dirimu sendiri, ataupun tidak tahu betapa berharganya dirimu yang layak hidup dengan lebih baik. Semua orang punya luka dan itu tidak mengurangi value atas dirinya, begitu juga denganmu.

Langsung menghilangkan trauma tentang hubungan di masa lalu itu gak mudah, tapi kalau kamu mau berusaha dan mencoba untuk move on. Mungkin bisa coba dengan lima cara tadi yang bisa kamu lakukan dengan perlahan.

Move on adalah serapan dari bahasa Inggris yang bermakna ‘pindah’. Namun, banyak orang mengasumsikan kata ‘move’ di sini dengan arti berbeda, seperti pindah ke lain hati, pindah ke tempat baru, ataupun melupakan kenangan buruk dari masa lalunya. Itu semua tergantung dengan persepsi masing-masing orang.

Move on sebenarnya bersifat general, tidak selalu tentang masalah percintaan. Tapi di kalangan anak muda, move on kerap di artikan dengan berpindah ke lain hati atau membuka diri untuk menerima cinta dari orang lain setelah hubungan asmaranya dengan sang mantan berakhir.