Inilah Tanda Toxic Dari Pasangan yang Ingin Mengendalikan Hidupmu

Inilah Tanda Toxic Dari Pasangan yang Ingin Mengendalikan Hidupmu

Inilah Tanda Toxic Dari Pasangan yang Ingin Mengendalikan Hidupmu – Toxic relationship adalah hubungan tak sehat dan berdampak buruk pada kesehatan mental. Kenali ciri-cirinya dan temukan solusi! Setiap orang pasti mendambakan untuk memiliki kisah asmara yang penuh cinta. Namun, terkadang kenyataan berkata lain.

Tidak sedikit orang di luar sana berada dalam hubungan yang tidak sehat atau toxic relationship. Setiap orang punya cara sendiri untuk menunjukkan rasa cintanya pada pasangan. Saking sayangnya pada pasangan, bahkan ada yang memberikan perhatian berlebihan hingga berujung pada posesif.

Melarang pasanganya untuk melakukan berbagai hal sampai mewajibkan untuk membuat laporan kegiatan harian, menjadi salah satu pertanda jika mereka telah mengekang pasangan. Ini bukan cinta, tapi ambisi untuk memiliki pasangan secara utuh, tanpa mau tahu isi hati pasangan yang sesungguhnya. Apa dia suka atau tidak, apa dia tertekan atau tidak, itu bukan jadi urusan.

1. Wajib lapor tentang semua yang kamu lakukan
Selain Wajib Lapor, Inilah 5 Tanda Pasangan Mencoba Mengendalikanmu

Jika pasangan mewajibkanmu untuk memberikan laporan tentang semua yang kamu lakukan, ini sudah menunjukkan jika dirinya mencoba mengendalikan hidupmu. Mau tahu semuanya, ini sudah dibatas normal. Bukan cinta namanya, tapi posesif.

Dengan mengetahui semua yang kamu lakukan akan memudahkannya untuk mengendalikan hidupmu. Beri ketegasan, jika cara yang dilakukannya ini salah.

Jika dia mencintaimu, maka dia juga harus percaya dan tidak perlu membuatmu untuk memberikan “laporan harian” untuk memuaskan rasa penasarannya pada sesuatu yang sedang kamu kerjakan.

2. Ikut nimbrung saat kamu sedang ngobrol bersama sahabatmu
Selain Wajib Lapor, Inilah 5 Tanda Pasangan Mencoba Mengendalikanmu

Tanda pasangan mencoba mengendalikan hidupmu, yaitu mereka mulai ikut nimbrung saat kalian sedang ngobrol bareng sahabat. Terkadang, bahkan si dia tak segan untuk ikut berargumen.

Tentunya hal ini sudah keterlaluan, bukan? Si dia ingin ikut campur tentang semua urusanmu, sampai pada hubunganmu bersama sahabat juga ingin mereka ketahui.

Berkenalan dengan lingkungan pertemanamu tentu bukan masalah. Namun, ada baiknya untuk tidak terus menerut ikut campur tentang semuanya.

3. Membuntuti mu kemanapun kamu pergi
Selain Wajib Lapor, Inilah 5 Tanda Pasangan Mencoba Mengendalikanmu

Ditemani pasangan saat kamu berpergian, pasti menyenangkan. Namun, jika mereka terus membuntutimu kemanapun kamu pergi, hal ini justru akan sangat menggangu. Rasanya sulit memberimu waktu, bahkan untuk sekedar me time. Si dia justru selalu ada di sekitarmu dan mengikutimu.

Kamu harus bisa melayangkan protes atau coba berbicara baik-baik dengan pasanganmu. Beri dia pengertian, kalau kamu juga ingin menikmati waktu sendiri, tanpa harus diikuti dengannya.

4. Suka mengkritik penampilanmu
Selain Wajib Lapor, Inilah 5 Tanda Pasangan Mencoba Mengendalikanmu

Inilah tanda nyata pasangan mencoba mengendalikan hidupmu, yaitu dengan lebih sering mengkritik penampilanmu. Penampilan menjadi hal yang gampang di kritik. Contohnya, si dia akan menyuruhmu berpakaian sesuai dengan seleranya.

Padahal kamu kan punya gaya yang berbeda dari seleranya. Maka dari itu, buatlah dirimu nyaman dengan apa yang kamu kenakan, jangan mau di kendalikan oleh pasangamu lagi.

5. Mengintimidasi dalam membuat keputusan
Selain Wajib Lapor, Inilah 5 Tanda Pasangan Mencoba Mengendalikanmu

Memberikan saran saat kamu berada dalam pilihan yang sulit. Ini adalah hal baik yang di lakukan pasangan. Namun saat semuanya berubah, dirinya terlalu mengintimidasi saat kami menentukan pilihan.

Hal ini juga menunjukan jika mereka ini sedang mencoba mengendalikan hidupmu. Kamu berhak memilih pilihan apa pun yang kamu sukai. Bukannya malah pasangamu yang seenaknya mengambil keputusan, tanpa menanyakan persetujuanmu.

Sesuai dengan namanya toxic relationship yang berarti ‘hubungan beracun” adalah hubungan yang dapat berdampak buruk pada kebahagiaan dan kesehatan mental. Sayangnya, banyak orang tidak menyadari bahwa mereka sedang terjebak dalam kondisi ini

Menurut Dr. Lillian Glass, seorang ahli komunikasi dan psikologi yang dalam bukunya berjudul Toxic People (1995) mendefinisikan toxic relationship adalah hubungan yang tidak saling mendukung satu sama lain. Yang mana salah satu pihak berusaha memiliki kontrol yang besar terhadap pihak lain.

Meskipun setiap hubungan mengalami pasang surut, namun toxic relationship secara konsisten menguras tenaga bagi orang yang menjalaninya. Sehingga berdampak buruk bagi kesehatan.

Jika pasanganmu menunjukan tanda di atas, ada baiknya buatlah ketegasan kepadanya. Dengan begitu mereka akan coba lebih menghargai dirimu dalam hubungan yang sedang di jallin bersama.