Enam Hal Ajaib Ini Akan Terjadi pada Otak Laki-laki saat Jatuh Cinta

Enam Hal Ajaib Ini Akan Terjadi pada Otak Laki-laki saat Jatuh Cinta

Enam Hal Ajaib Ini Akan Terjadi pada Otak Laki-laki saat Jatuh Cinta – Jatuh cinta adalah sebuah proses alami yang begitu indah tetapi cukup rumit. Jika kamu perhatikan, orang yang sedang jatuh cinta bisa bertingkah aneh dan konyol, bahkan terkadang bisa melakukan hal-hal yang di luar akal sehat. Dengan mengamati reaksi hormon yang terjadi dalam tubuh, penelitian yang dilakukan situs eHarmony, yang melibatkan lebih dari 1300 pria dan wanita berhasil mengungkapkan bahwa saat jatuh cinta, tubuh manusia akan melewati 5 tahapan.

Jatuh cinta bisa cukup kuat untuk mengubah hidup seseorang. Coba ingat, pada masa-masa awal jatuh cinta, kamu mungkin bertindak berbeda, berpikir berbeda, bahkan mungkin berpakaian dengan cara berbeda. Salah satu hal yang sangat menarik untuk dibahas adalah bagaimana Daftar Live22 cinta mempengaruhi  otak.

Bagi perempuan dan laki-laki, apa yang terjadi pada diri mereka saat jatuh cinta bisa sangat berbeda. Jika kamu ingin tahu apa yang mungkin dipikirkan atau dirasakan laki-laki saat sedang jatuh cinta, berikut adalah penjelasan yang mungkin bisa menjawab rasa penasaranmu.

1. Tidak bisa melepaskan pandangan dari pasangannya
Ajaib, 6 Hal Ini Akan Terjadi pada Otak Laki-laki saat Jatuh Cinta

Menurut temuan yang dilaporkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, bagi laki-laki, hormon oksitosin yang dilepaskan di otak saat mereka jatuh cinta atau menjalin hubungan baru membuat mereka melihat pasangannya tampak lebih menarik dan diinginkan daripada perempuan lain.

Hal ini membuat laki-laki sulit memalingkannya pandangannya saat bersama dengan pujaan hatinya. Bahkan, ketika ada perempuan lain yang jauh lebih menarik mondar-mandir di hadapannya, ia tetap mengunci pandangannya pada perempuan yang ia cintai.

2. Lebih kebal terhadap rasa sakit
Ajaib, 6 Hal Ini Akan Terjadi pada Otak Laki-laki saat Jatuh Cinta

Bagi laki-laki maupun perempuan, jatuh cinta dapat membuat seseorang merasakan lebih sedikit rasa sakit fisik. Menurut ahli saraf dari University of Alabama, pengaruh rasa cinta begitu kuat sehingga dalam tes laboratorium, ini mengurangi setengah rasa sakit.

Penelitian tersebut dilakukan dengan pemindaian otak pada laki-laki dan perempuan saat mereka sedang jatuh cinta. Pengurangan rasa sakit tersebut terjadi karena adanya pesan ke sumsum tulang belakang untuk memblokir pesan rasa sakit sebelum mencapai otak.

3. Merasa lebih bahagia
Ajaib, 6 Hal Ini Akan Terjadi pada Otak Laki-laki saat Jatuh Cinta

Jatuh cinta membuat otak melepaskan dopamin. Dopamin adalah neurotransmiter yang mengontrol pusat penghargaan dan kesenangan, yang menciptakan perasaan bahagia.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Comparative Neurology melaporkan hasil pemindaian 2.500 gambar otak dari 17 individu yang sedang jatuh cinta. Para peneliti menemukan bahwa subjek yang melihat foto orang yang mereka cintai menunjukkan aktivitas otak di dua area yang sangat terkait dengan dopamin, yaitu inti kaudatus dan area tegmental ventral.

4. Lebih mungkin berhenti merokok
Ajaib, 6 Hal Ini Akan Terjadi pada Otak Laki-laki saat Jatuh Cinta

Laki-laki yang merokok juga bisa lebih mudah lepas dari kecanduan rokok saat jatuh cinta. Dijelaskan dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS One, hubungan asmara baru dapat mengubah kimia otak seseorang yang membuatnya lebih mudah untuk berhenti menggunakan obat-obatan yang membuat ketagihan, seperti rokok.

Jadi, jika seseorang tiba-tiba dapat menghentikan kebiasaan merokoknya, mungkin alasannya karena ia sedang jatuh cinta atau memiliki hubungan romantis yang baru.

5. Bisa tetap mencintai orang yang sama selama bertahun-tahun yang akan datang
Ajaib, 6 Hal Ini Akan Terjadi pada Otak Laki-laki saat Jatuh Cinta

Apakah suatu hubungan akan bertahan lama atau tidak sebenarnya dapat di prediksi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Neuroscience Letters di lakukan dengan memindai otak. Pada awal hubungan dapat memprediksi siapa yang masih akan berada dalam hubungan yang kuat 40 bulan mendatang.

Seiring waktu, komposisi kimia otak pada laki-laki dapat berubah, saat hubungan bergeser dari sangat bergairah menjadi lebih akrab, nyaman, dan intim. Namun, beberapa laki-laki bisa tetap sangat mencintai pasangannya, bahkan 20 tahun kemudian. Menurut hasil pemindaian, orang-orang tersebut masih menunjukkan aktivasi sistem area reward di otak.

6. Sembuh dari luka lama
Ajaib, 6 Hal Ini Akan Terjadi pada Otak Laki-laki saat Jatuh Cinta

Hampir setiap orang pernah mengalami luka lama akibat patah hati. Namun, oksitosin dapat membantu meringankan rasa sakit yang lama tersebut.

Di jelaskan dalam laman Brain World, saat seseorang memiliki perasaan yang cukup kuat terhadap seseorang. Ia akan mampu menyingkirkan beberapa beban mental, membersihkan otak, dan membentuk koneksi saraf baru. Oksitosin membantu otak membentuk ingatan positif yang segar dengan pasangan baru. Itu sebabnya, ia bisa lebih mungkin melupakan luka lama dan fokus pada hubungan yang baru.

Pengaruh jatuh cinta pada otak bisa sangat kuat. Meskipun tidak semua laki-laki akan mengalami hal di atas saat jatuh cinta. Setidaknya kamu mengetahui gambaran ilmiah apa yang terjadi pada otak laki-laki pada umumnya saat jatuh cinta.