Berikut Tips Mengurangi Perilaku Bucin Agar Hubungan Tetap Sehat

Berikut Tips Mengurangi Perilaku Bucin Agar Hubungan Tetap Sehat

Berikut Tips Mengurangi Perilaku Bucin Agar Hubungan Tetap Sehat – Bagi anak-anak remaja dan golongan milenial, tentu sudah tidak asing dengan istilah bucin.┬áIstilah bucin┬áini sempat populer pada beberapa waktu terakhir bahkan hingga kini masih sering disebut dalam percakapan sehari-hari. Biasanya istilah bucin digunakan untuk menyebut sepasang kekasih yang sedang dicandu asmara.

Beberapa waktu yang lalu, istilah bucin atau budak cinta memang sempat ramai dibahas. Bucin sendiri merupakan sebutan untuk seseorang yang terlalu berlebihan dalam mengekspresikan rasa cintanya pada pasangan. Sampai ada di tahap di mana orang tersebut rela melakukan apa saja agar bisa membuat pasangannya bahagia.

Sebenarnya sikap bucin sendiri bisa membawa kerugian dan masalah nantinya. Karena pada dasarnya kita sudah dibutakan oleh cinta, karena rela melakukan banyak hal untuk pasangan tanpa mempertimbangkan baik serta buruknya. Nah, agar perilaku bucin yang kamu miliki bisa dikendalikan dan menjauhkanmu dari potensi hal yang merugikan.

1. Jangan lupakan sahabat ataupun teman meskipun kamu gak lagi jomlo

5 Cara Mengurangi Perilaku Bucin pada Pacar agar Hubungan Tetap Sehat

Memiliki seorang kekasih memang bisa bikin seseorang lupa akan segalanya, karena dunia rasanya seperti milik berdua. Sehingga gak heran kebanyakan seseorang akan mengabaikan teman ataupun sahabatnya setelah gak lagi menjomlo.

Padahal dengan tetap menjalin hubungan baik pada teman maupun sahabat, hal itu bisa tetap menjaga kesadaranmu saat menjalin hubungan percintaan. Apalagi kamu mempunyai perilaku cenderung bucin, kehadiran mereka bisa membantumu mengendalikan sikap tersebut. Karena orang-orang terdekatmu akan memberimu nasihat dan masukan ketika di rasa sikapmu sudah terlampau berlebihan.

2. Tumbuhkan dan terapkan kepercayaan satu sama lain
5 Cara Mengurangi Perilaku Bucin pada Pacar agar Hubungan Tetap Sehat

Jangan sepelekan rasa percaya yang di biasakan ada sejak awal hubungan. Karena hal itu berfungsi untuk saling memberitahu batasan satu sama lain saat menjalin hubungan percintaan. Kalau kamu dan dia saling percaya, maka gak ada waktu untuk curiga apalagi menuduh hal yang gak masuk akal.

Ketika kamu terlampau bucin, hal itu bisa membuatmu menjadi pasangan yang posesif nantinya. Karena kamu selalu ingin mengendalikan pasangan secara berlebihan karena sangat takut kehilangannya.

3. Jangan abaikan studi ataupun karier demi fokus pada hubunganmu
5 Cara Mengurangi Perilaku Bucin pada Pacar agar Hubungan Tetap Sehat

Jika kamu bersedia menjalin hubungan percintaan di tengah kesibukanmu dalam memperjuangkan studi atau kariermu, maka jangan sampai kamu mengabaikan salah satunya. Karena ingin fokus pada hubungan dan juga pasangan agar dia senang, kamu pun menjadi lupa dan terlena.

Akhirnya, hal yang lebih penting untukmu dan masa depanmu nanti jadi gak maksimal berjalan karena terabaikan. Imbasnya studimu bisa saja terhambat dan masalah finansialmu gak kunjung mencapai titik stabil.

4. Berani menolak dengan tegas keinginan pasangan yang di rasa merugikan
5 Cara Mengurangi Perilaku Bucin pada Pacar agar Hubungan Tetap Sehat

Perilaku bucin bisa berawal dari ketidaktegasanmu dalam menolak keinginan atau permintaan pasangan. Karena kamu gak ingin mengecewakannya, maka semua hal yang dia inginkan selalu berusaha kamu penuhi. Tak peduli apakah nantinya hal itu akan membuatmu rugi atau tidak.

Kamu harus memiliki keberanian untuk mengatakan tidak pada hal-hal yang sebenarnya cuma menempatkanmu nantinya dalam posisi yang kurang nyaman. Jika permintaan atau keinginan pasangan di rasa tidak masuk akal maka kamu boleh menyatakan keberatan dan juga alasanmu. Dengan demikian, pasangan dan kamu akan belajar menghormati batasan yang ada dalam hubungan.

5. Jadikan doi sebagai partner yang seru dan menyenangkan
5 Cara Mengurangi Perilaku Bucin pada Pacar agar Hubungan Tetap Sehat

Jika hubungan di jalani layaknya teman baik yang saling mencintai, maka hal itu bisa membuatmu sedikit santai dalam menjalin hubungan dengan pasangan. Kamu dan dia akan merasa nyaman saat bertukar pikiran ataupun mengekpresikan perasaan dengan cara yang terbilang rasional dan tetap menyenangkan.

Kamu dan dia tetap bisa menghabiskan banyak waktu dan momen dengan cara yang sehat serta positif. Karena gak ada yang terkesan dominan ataupun mengatur di antara kalian, sebab dua-duanya saling menghargai dan menjaga dengan baik.

Sah-sah saja mengekspresikan rasa cinta pada pasangan, selama gak berlebihan dan di luar kendali. Karena perilaku bucin yang gak di kurangi secara perlahan, bisa berpotensi membawa kerugian besar pada dirimu.

Dapat di pahami, budak cinta atau bucin adalah istilah yang di gunakan ketika seseorang mempunyai dan memberikan cinta pada pasangan tanpa logika. Selain itu, budak cinta adalah perilaku yang cenderung memprioritaskan pasangan menjadi nomor satu bahkan melebihi dirinya sendiri.

Bagi sebagian orang mungkin berpendapat bahwa bucin merupakan hal yang wajar terjadi pada pasangan yang sedang menjalin hubungan kasih. Namun jika di biarkan secara terus menerus, sikap ini akan cenderung berlebihan dan bisa menyebabkan toxic relationship. Di mana tidak ada timbal balik yang sama dari masing-masing pihak dalam pasangan tersebut.