Beberapa Tips Mengatasi Hubungan yang Terasa Sudah Tidak Bahagia

Beberapa Tips Mengatasi Hubungan yang Terasa Sudah Tidak Bahagia

Beberapa Tips Mengatasi Hubungan yang Terasa Sudah Tidak Bahagia – Menjalin hubungan dengan seseorang merupakan sebuah komitmen penting dalam kehidupan setiap orang. Dengan menjalin hubungan, kamu bisa berbagi cerita, perasaan, konflik dan juga tujuan hidup. Namun, yang masih sering diremehkan apakah kamu yakin hubunganmu bersama pasangan saat ini memang benar-benar bahagia atau terlihat bahagia?

Ketika menjalin sebuah hubungan romantis, terkadang muncul berbagai permasalahan yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Terlalu sering merasa tidak nyaman akhirnya menuntun pada perasaan bahwa hubungan yang sedang dijalani tidak membahagiakan.

Rasa tidak bahagia tersebut tentu saja sangat menyiksa. Hubungan yang seharusnya penuh dengan kasih sayang, malah jadi menyakitkan. Namun, hubungan yang tidak bahagia tersebut harus direnungkan lagi. Bisa jadi perasaan itu muncul hanya karena salah paham atau kurangnya komunikasi.

1. Identifikasi penyebab masalah
Patut Dicoba, 5 Cara untuk Mengatasi Hubungan yang Tidak Bahagia

Saat muncul konflik dengan pasangan, penting untuk segera mencari sumber permasalahan tersebut. Membiarkan konflik berlangsung dan berharap akan selesai dengan sendirinya tidak akan membantu dan malah berpotensi menjadikan masalah semakin rumit.

Turunkan ego, duduklah bersama pasangan untuk mendiskusikan apa yang sebenarnya terjadi. Semakin cepat ditemukan akar masalahnya, semakin cepat konflik dapat diselesaikan.

2. Cari solusi untuk permasalahan yang ada
Patut Dicoba, 5 Cara untuk Mengatasi Hubungan yang Tidak Bahagia

Very Well Mind melansir, hubungan yang baik adalah ketika kamu dan pasangan bertindak layaknya sebuah tim yang berusaha mencari solusi untuk setiap permasalahan yang muncul. Tim yang baik akan berusaha bertahan dalam kondisi apa pun untuk mencapai keberhasilan.

Oleh sebab itu, jika muncul suatu permasalahan, atur mindset untuk selalu mencari solusi, bukan malah sibuk untuk memisahkan diri. Jika solusi sudah didapat, segera lakukan dan hindari melakukan kesalahan yang sama.

3. Bicara hati ke hati dengan pasangan
Patut Dicoba, 5 Cara untuk Mengatasi Hubungan yang Tidak Bahagia

Terkadang rasa tidak bahagia dalam suatu hubungan muncul karena kurangnya komunikasi yang solid. Akibatnya, sering terjadi salah paham yang bisa menyakiti kamu atau pasanganmu.

Jalinlah komunikasi yang baik dengan pasangan. Bicarakan dari hati ke hati apa yang sebenarnya kamu dan pasanganmu mau dari hubungan yang kalian jalani. Jika masing-masing sudah mengetahui kemauan pasangan, mulailah untuk berbenah agar kualitas hubungan menjadi lebih baik.

4. Ambillah waktu untuk sendiri
Patut Dicoba, 5 Cara untuk Mengatasi Hubungan yang Tidak Bahagia

Masalah mungkin datang silih berganti dan membuatmu merasa memiliki hubungan yang tidak membahagiakan. Cobalah untuk berdialog dengan pasangan tentang masalah yang kalian hadapi.

Jika di rasa terlalu rumit, ambillah jeda untuk menenangkan diri. Terkadang memberi jarak pada pasangan dapat menuntun pada perspektif baru yang tidak di temukan selama ini. Jika sudah cukup waktu untuk menyendiri, kembali komunikasikan dengan pasangan tentang keputusan yang harus di ambil.

5. Renungkan untuk melanjutkan hubungan atau tidak
Patut Dicoba, 5 Cara untuk Mengatasi Hubungan yang Tidak Bahagia

Ketika rasa bahagia itu terasa jauh dalam hubungan yang kamu jalani, ada baiknya kamu mulai berpikir apakah hubungan tersebut layak di pertahankan atau tidak. Jangan menganggap ini sebagai sikap menyerah, tetapi hidup juga perlu realistis.

Hubungan yang sudah telanjur buruk terkadang sangat sulit untuk di selamatkan. Pada akhirnya, energi hanya di habiskan untuk berharap bahwa keadaan bisa kembali seperti sedia kala. Jadi, pikirkan kembali, bertahan atau melepaskan.

Ternyata ketidakbahagiaan dalam suatu hubungan bisa di sebabkan oleh berbagai faktor. Biasakan untuk selalu berkomunikasi dan mencari solusi atas permasalahan yang muncul. Tidak kalah penting, berusahalah untuk selalu memperbaiki diri agar tidak menimbulkan permasalahan yang sama di kemudian hari.

Definisi hubungan yang bahagia adalah bagaimana setiap orang ada di dalam hubungan tersebut akan selalu punya alasan bagaimana selalu kembali mencintai pasangannya. Kamu dan pasangan harus selalu belajar mengungkapkan perasaan satu sama lain agar hubungan kalian semakin intim.

Menurut penelitian yang di lakukan di Institut Gottman, di katakan bahwa hubungan yang mudah rusak bisa terjadi karena mereka sama-sama nggak bisa melakukan hal yang positif. Ketika ada masalah, mereka justru memilih diam dan nggak menyelesaikan masalah tersebut. Untuk mengatasi hal ini kamu dan pasangan harus selalu mengapresiasi segala hal yang di lakukan agar kalian berdua sama-sama merasa di hargai.