Beberapa Hal yang Jadi Faktor Pasangan Suka Cemburuan

Beberapa Hal yang Jadi Faktor Pasangan Suka Cemburuan

Beberapa Hal yang Jadi Faktor Pasangan Suka Cemburuan – Cemburu adalah hal yang sering muncul dalam sebuah hubungan, entah hubungan pertemanan ataupun percintaan. Perasaan ini umumnya muncul karena dipicu oleh beberapa hal, mulai dari rasa tidak aman, takut kehilangan, iri hati, kesepian, hingga amarah.

Perasaan cemburu paling sering muncul dalam hubungan asmara atau pernikahan, karena ada rasa memiliki terhadap pasangan. Rasa ketakutan yang dia rasakan membuatnya selalu mencurigai gerak-gerikmu. Sebenarnya, hal ini tidaklah salah di lakukan olehnya.

Terlebih lagi, kamu sendiri yang menjadi penyebab dari kecemburuannya. Maka dari itu, setidaknya kamu harus tahu beberapa alasan di bawah ini yang menjadi faktor pasangan suka cemburu dengan mantanmu.

1. Kamu masih sering mengungkit hubungan masa lalu
5 Alasan Pasangan Suka Cemburu dengan Mantanmu, Stop Ungkit Masa Lalu

Mungkin kamu pernah membicarakan tentang hubungan masa lalu bersama pasanganmu. Meski awalnya respons darinya biasa saja, namun kalau kamu sering mengungkit hal tersebut, tentu saja dia akan cemburu.

Bagaimanapun juga, tidak semua orang akan suka kalau pasangannya selalu membicarakan soal mantannya. Sebab, seakan-akan kamu masih belum bisa move on, padahal kamu sudah menjalin hubungan dengannya. Hal seperti inilah yang bisa menyakiti perasaannya.

Maka dari itu, jangan heran kalau dia akan cemburu. Sebaiknya, jangan sesekali untuk membahas soal hubungan masa lalu kalau dianya langsung yang bertanya padamu.

2. Ada trauma dengan hubungan masa lalunya
5 Alasan Pasangan Suka Cemburu dengan Mantanmu, Stop Ungkit Masa Lalu

Setiap orang tentu memiliki pengalaman di masa lalu yang bahagia ataupun pahit. Mungkin pasanganmu memiliki masa lalu yang menyakitkan soal hubungan asmara sebelumnya.

Alhasil, dia memiliki trauma tersendiri hingga menjadi beban dalam hubungannya saat ini bersamamu. Entah pernah terjadi pertengkaran besar atau di selingkuhi oleh mantannya, yang membuat kejadian tersebut membekas di pikirannya.

Sehingga, dia pun merasa ketakutan hal tersebut terjadi kembali dan lebih berhati-hati, makanya dia selalu bersikap cemburu terhadapmu. Sebaiknya, kamu harus bisa meyakininya bahwa kamu akan berusaha untuk tidak menyakitinya.

3. Merasa insecure
5 Alasan Pasangan Suka Cemburu dengan Mantanmu, Stop Ungkit Masa Lalu

Mungkin saja yang menjadi penyebab pasanganmu kerap kali cemburu karena merasa insecure atau perasaan tidak aman. Hal ini terjadi karena selalu membanding-bandingkan antara dirinya dengan mantanmu.

Entah itu karena faktor fisik, kondisi finansial, ataupun karier. Kalau sudah seperti ini, sudah sebaiknya untuk di bicarakan bersama pasangan. Sebab, kalian harus memahami bahwa hubungan bersama mantan adalah masa lalu, yang tidak perlu di bahas atau di ungkit lagi. Bagaimanapun juga, jangan sampai kecemburuan membuat hubungan kalian jadi renggang, ya.

4. Hubunganmu bersamanya sedang tidak baik-baik saja
5 Alasan Pasangan Suka Cemburu dengan Mantanmu, Stop Ungkit Masa Lalu

Kalau kondisi hubungan kalian sedang ada permasalahan, tentu dia akan mencari sumber penyebabnya. Namun, sangatlah tidak baik jika menuduh orang lain yang menjadi pemicunya, terlebih lagi tanpa ada bukti yang jelas.

Salah satu halnya dia mencari kesalahan bahwa kamu sedang menjalin hubungan kembali dengan mantanmu. Jika pasanganmu melakukannya, justru dia harus fokus dengan masalah utama yang ada dalam hubungan kalian, bukannya soal masa lalunya.

Sebenarnya, dia melakukan hal tersebut mungkin ingin menghindari atau mengalihkan perhatian dari masalah yang di rasa berat untuk di selesaikan. Maka dari itu, kamu harus bisa lebih sabar menghadapinya untuk tidak terpancing emosi.

5. Merasa takut untuk kehilangan dirimu
5 Alasan Pasangan Suka Cemburu dengan Mantanmu, Stop Ungkit Masa Lalu

Kalau memiliki rasa cinta pasti akan ada perasaan takut kehilangan pasangannya di dalam benak seseorang. Terlebih lagi, sudah menganggap pasangannya adalah segalanya dalam hidupnya.

Nah, inilah salah satunya yang menyebabkan pasanganmu cemburu kepadamu. Mungkin dia berpikir bahwa tingkah lakumu saat ini telah berubah di bandingkan masih awal menjalin hubungan. Alhasil, dia berprasangka yang tidak-tidak kepadamu, termasuk menganggapmu sedang menjalin hubungan dengan mantanmu.

Jika hal ini terjadi dalam hubunganmu, maka harus segera di luruskan olehmu agar hubungan tetap harmonis seperti sedia kala. Jika pasanganmu selalu bersikap cemburu tanpa ada bukti yang jelas, maka kamu perlu memulai membuka pembicaraan untuk memperbaiki kesalahpahaman di antara kalian. Bagaimanapun juga, kecemburuan bisa menjadi pemicu kerusakan hubungan kalau tidak segera di luruskan. Maka dari itu, yuk saling terbuka tentang perasaan satu sama lain agar menghindari rasa curiga.

Sebenarnya, cemburu adalah hal yang wajar saja muncul dalam sebuah hubungan, selama tidak berlebihan. Rasa cemburu yang berlebihan bisa berakibat fatal, bahkan memicu perasaan tidak nyaman dalam menjalani hubungan. Sebelumnya perlu di ketahui, rasa cemburu kemungkinan muncul karena “pengalaman” atau cerminan pandangan seseorang terhadap dirinya sendiri. Hal itu pada akhirnya bisa mendorong perasaan ragu dalam menjalani hubungan.

Cemburuan adalah istilah yang di sematkan pada orang yang terlalu sering merasa cemburu dan tidak aman dalam sebuah hubungan. Hal itu bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman. Rasa cemburu mungkin muncul sebagai akumulasi dari ketidaknyamanan dan rasa khawatir yang di timbulkan dari sebuah hubungan. Lantas, apa yang harus di lakukan jika pasangan terlalu sering cemburu?

Rasa cemburu dalam hubungan antar pasangan sebenarnya adalah reaksi yang wajar dan normal. Hal ini sering di artikan sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap pasangan. Namun tentu saja, cemburu sebaiknya berada dalam batas wajar, sehingga bisa menjadi penguat hubungan. Sebaliknya, terlalu sering merasa cemburu malah bisa membuat hubungan menjadi tidak nyaman bahkan memicu pertengkaran.